Jumat, 14 Agustus 2015

Menengok Kecantikan Batik Lasem, Kombinasi Persia serta Tiongkok

Menengok Kecantikan Batik Lasem, Kombinasi Persia serta Tiongkok
NAMA Lasem mulai popular bersamaan booming batik yang dihasilkan warga di pesisir utara Pulau Jawa ini. Mengetahui kebudayaan serta histori kota melalui city tur di Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, dapat diawali di Desa Wisata Batik Babagan.

Tidak susah temukan tempat ini. Gapura besar bertuliskan info desa wisata berdiri megah di segi selatan jalan paling utama Pantura di Lasem atau di kenal sebagai Jalan Daendels.

Tidak jauh dari gapura, berdiri baliho peta wisata yang tunjukkan sebagian pusat batik di Babagan. Di lokasi ini, kita dapat lihat rumah-rumah tua khas Tiongkok. Sebagian besar, punya entrepreneur batik. Tidak heran bila lokasi ini dapat dimaksud pecinannya Lasem.

Kami pilih rumah batik Sekar Kencana yang berjarak seputar 250 mtr. dari gapura masuk juga sebagai maksud pertama. Sekar Kencana adalah rumah batik punya Sigit Witjaksono, yang juga tokoh Tionghoa Lasem.

Dirumah ini, Sigit mempunyai seputar 20 pegawai. Mulai pembuat pola, pembatik, juga tenaga pendukung yang memroses kain batik sampai siap jual. " Saya sendiri yang bikin gambar, setelah itu pegawai yang bikin pola di kain, " ungkap Sigit.

Di usianya yang mencapai 86 th., Sigit masih tetap sigap. Dia tidak segan menuturkan serta tunjukkan dapur pembuatan batik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar